Posted by : Unknown Selasa, 09 April 2013





Ubuntu 10.104 LTS dengan kode nama Lucid Lynx telah hadir. Jika pengguna setia Ubuntu, dapat dipastikan anda juga memiliki rencana untuk segera beralih ke versi terbaru dari distro ini. Berikut sejumlah tips dan trik yang dapat anda terapkan, setelah selesai menginstalasi Ubuntu 10.04 LTS.

Desktop Eye Candy



Terkadang kebosanan suka melanda kita.Termasuk kebosanan saat melihat tampilan desktop Ubuntu yang terlihat standar-standar saja.Sebenarnya selain dapat memiliki tampilan desktop yang standar Ubuntu 10.04 LTS ,anda juga dapat memiliki desktop 3D indah yang melebihi desktop Aero di desktop Windows. Sebelum melakukan hal ini, pastikan anda telah memiliki video card yang sudah mendukung 3D terlebih dahulu.Berikut sejumlah tip yang dapat membuat penampilan desktop anda semakin terlihat menarik.

GNOME Shell

Anda dapat mealkukan instalasi GNOME Shell dengan mengetikkan perintah:

“$ sudo apt-get install gnome shell”

Setelah paket GNOME Shell terinstalasi dengan baik, anda dapat mengaktifkan GNOME Shell dengan menggunakan perintah berikut:

“gnome-shell  –replace”

Advanced Desktop Effects Settings

Program ini berfungsi untuk memberikan efek pada desktop anda sesuai yang anda inginkan

Untuk menjalankan aplikasi ini, jalankan perintah berikut:

“$ sudo apt-get install simple-ccsm Compizconfig-settings-manager compiz-fusion-plugins-extra”

Audio/Video Creation & Editing



Sejumlah aplikasi audio/video creation & editing yang menarik juga dapat ditemukan dalam repository Ubuntu 10.04 LTS.Fungsionalitas aplikasi-aplikasi ini juga tidak kalah menarik dengan apliaksi komersial sejenis yang terdapat di platform Windows.Berikut sejumlah paket yang terkait.

Video Screen Capture

Aplikasi ini berfungsi untuk membuat video tutorial/video demo petunjuk penggunaan paket aplikasi tertentu. Untuk melakukan hal ini di Ubuntu 10.04 LTS, anda dapat menggunakan aplikasi Istanbul. Untuk menginstalasikan paket Istanbul, jalankan peintah berikut dari terminal:

“$sudo apt-get install Istanbul”

Audio Recording & Editing

Ingin melakukan proses editing rekaman tanpa membeli software audio recording and editing yang mahal? Gunakan saja Jokosher. Aplikasi ini dapat berfungsi sebagai multi-track audio editor powerful. Untuk menginsatalasikan paket Jokosher, anda dapat menggunakan perintah berikut:

“$sudo apt-get install jokosher”

Multimedia Playback
Untukmemutarsejumlah file udio/video, andadapatmenginstalasikansejumlahaplikasi multimedia playback yang tersedia di Ubuntu 10.04 LTS.Berikutpenjelasannya.

Media Center

Aplikasi ini menggunakan framework GStreamer untuk dapat memainkan beragam format file multimedia yang biasa diputar. Jalankan perintah berikut untuk menginstalasikan aplikasi ini:

“$sudo apt-get install moovida”

Video Feeds



Aplikasi yang bernama Miro ini berfungsi untuk membaca indeks video dengan Video Feeds. Untuk mengistalasikan paket Miro, jalankan perintah berikut dari terminal:

“$sudo apt-get install miro”

Web Browsing



Selain Mozilla Firefox 3.6.3 yang telahdijadikansebagai default web browser, Ubuntu 10.04 LTS jugamemilikisejumlah browser pilihan lain yang tidakkalahcanggihdengan Mozilla Firefox 3.6.3 diantaranya Google Chrome dan epiphany.

Google Chrome

Web browser yang satu ini diklaim dapat membuka halaman lebih cepat daripada Mozilla Firefox. Untuk dapat menginstalasikan Google Chrome di Ubuntu 10.04 LTS, anda dapat menjalankan perintah berikut:

“$sudo apt-get install chromium-browser”

Epiphany

Web browser yang satu ini merupakan default web browser untuk desktop GNOME. Hanya saja secara default belum terinsatlasi di desktop Ubuntu 10.04 LTS. Untuk menginstalasikan paket Epiphany di Ubuntu 10.04 LTS, jalankan perintah berikut dari terminal:

“$sudo apt-get install epiphany-browser”

Demikiansejumlah tip dantrik Ubuntu 10.04 LTS. Dengan instalasi sejumlah paket tambahan dari repository Ubuntu 10.04 LTS, desktop Ubuntu 10.04 LTS anda dapat menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Anda tidak perlu minder lagi saat menggunakan Ubuntu 10.04 LTS.Tunjukkan kepada rekan anda kalau system operasi yang digunakan ini bersifat free dan bebas untuk digunakan oleh siapa saja, tanpa terkecuali. Selamat menikmati desktop Ubuntu 10.04 LTS!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Hidayatullah.com - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -